Pages

Thursday, 25 March 2010

Alat Peraga Dalam Pembelajaran

Alat Peraga
Alat peraga merupakan suatu perangkat yang cukup penting untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Berbicara tentang alat peraga sebagai media pendidikan dan pengajaran kita dapat melihatnya dalam pengertian yang luas maupun terbatas.

Berbagai pendapat para ahli pendidikan menjelaskan pengertian alat peraga.
1. Gagne menempatkan alat peraga sebagai komponen sumber, dia mendefinisikan alat peraga sebagai : "komponen sumber belajar di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar".
2. Briggs berpendapat bahwa harus ada sesuatu untuk mengkomunikasikan materi (pesan kurikuler) supaya terjadi proses belajar. Karena itu dia mendefinisikan alat peraga sebagai : "wahana fisik yang mengandung materi pembelajaran".
3. Wilbur Schman nampaknya melihat alat peraga dalam pendidikan sebagai suatu teknik untuk menyampaikan pesan. Oleh sebab itu dia mendefinisikan alat peraga, sebagai berikut : "Alat peraga adalah teknologi pembawa informasi atau pesan pembelajaran".
4. Yusuf Hardi Miarso melihat alat peraga secara makcro dalam keseluruhan sistem pendidikan sehingga definisinya berbunyi "segala sesuatu yang dapat merangsang terjadinya proses belajar".
Alat peraga dalam pengertian terbatas, yaitu beberapa benda atau peralatan yang berfungsi untuk membantu proses pembelajaran.

Menurut Silviana (2005 : 6) alat bantu yang digunakan oleh guru bertujuan untuk :
a. Memperjelas informasi atau pesan pembelajaran
b. Memberikan tekanan pada bagian-bagian yang pentingmemberi variasi dalam pengajaran
c. Memperjelas struktur pengajaran
d. Memotivasi belajar
Alat peraga adalah segala yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada siswa (Miarso : 1986)
Menurut Nana Sudjana (1991) alat peraga sangat mempunyai fungsi penting dalam proses belajar mengajar, adapun fungsi penting itu adalah :
- Penggunaan alat peraga dalam proses belajar mengajar mempunyai fungsi sendiri sebagai alat bantu untuk mewujudkan situasi belajar mengajar menjadi aktif.
- Penggunaan alat dalam pembelajaran lebih diutamakan untuk mempercepat proses belajar mengajar dan membantu siswa dalam menagkap pengertian dan penjelasan yang diberikan guru.

Menurut Silviana (2005: 9) beberapa peran alat peraga IPA dalam pembelajaran, antara lain :
a. Dapat meningkatkan komunikasi dan interaktif antara guru dan siswa dan antara siswa dan sesamanya dalam kegiatan belajar-mengajar.
b. Dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan siswa agar dapat mendorong kegiatan belajar-mengajar, sehingga pengalaman belajar yang diperoleh akan lebih bermakna bagi siswa.
c. Dapat membangkitkan keinginan dan minat belajar siswa, dehingga perhatian siswa dpat terpusat pada bahan pelajaran yang diberikan guru.
d. Meletakkan dasar-dasar yang penting untuk perkembangan belajar sehingga membuat pelajaran lebih lama diingat.
e. Memberi pengalaman nyata yang dapat menumbuhkan kegiatan mandiri di lingkungan siswa.

No comments:

Post a Comment

Leave your comment here!